UAS (AYAM BAKAR)

A.Latar Belakang Pemilahan Judul :
Jumlah penduduk indonesia semakin tahun ke tahun semakin bertambah menyebabkan kebutuhan masyarakat indonesia terhadap pangan semakin meningkat pula. Semakin meningkatnya kebutuhan pangan tersebut mendatangkan peluang – peluang bisnis yang di tangkap oleh investor, Salah satunya bisnis Ayam Bakar . Bisnis ini Banyak di minati investor karena memiliki tingkat pengambalian investasi yang sangat cepat dan dapat memenuhi kebutuhan primer masyarakat.
Dalam keadaan perekonomian yang semakin sulit ini banyak terjadi persaingan di berbagai bidang kehidupan, termasuk didalamnya persaingan dalam dunia wirausaha. Banyak wirausaha yang saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar, sehingga hal ini memacu wirausaha untuk berusaha terus maju dalam memperbaiki usahanya. Supaya usahanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka wirausaha tersebut harus dapat mengantisipasi perkembangan ekonomi yang semakin kompetitif dengan melakukan strategi yang tepat agar tidak tersisih dalam persaingan. Selain itu wirausaha juga harus dapat mengantisipasi kecenderungan ekonomi di masa mendatang dan harus dapat bersaing dengan wirausaha lain yang bergerak di bidang yang sama. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan kemajuan usahanya.Peningkatan penduduk yang dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan hidup memberikan lapangan pekerjaan atau wirausaha baru. Salah satu contoh usaha menjual ayam bakar. Dengan semakin meningkatnya akan kebutuhan. Lahirnya usaha atau bisnis baru ini juga menimbulkan pro dan kontra. Baik dari sisi menjual ayam bakar maupun bidang-bidang usaha lainnya dari sisi konsumen akan tetapi usaha ini walaupun dikatakan bisnis baru tetapi telah mempunyai pangsa pasar yang tersendiri. Dengan Latar belakang perekonomian saat ini, saya tertarik untuk mengambil judul usaha industri kecil seperti : usaha ayam bakar , karena usaha ayam bakar didaerah yang saya teliti sangat banyak peminatnya dan banyak yang mengunjungi ayam bakar tersebut. Selain itu bagi saya merupakan tambahan pengetahuan dari dunia praktisi dan sebagai pembelajaran sebelum masuk kedunia bisnis.Makanya saya mengambil judul dan meneliti Usaha Ayam bakar.
B. Pembatasan Masalah :
• Tempat : Jakarta, GG. Alpukat 2
Belakang Mall Citraland
• Jenis: Industri Kecil
• Kegiatan : Bisnis Ayam Bakar ,cenderung dianggap orang sebagai bisnis yang kecil / mempunyai untung yang sedikit dibandingkan dengan bisnis sejenis yang lainya. Tapi sebelum kita mengatakan hal itu untuk kedua kalinya coba kita telusuri tentang Ayam Bakar .Ayam Bakar tersebut ada di wilayah Jakarta barat,GG.Alpukat, ditempat ini lah ayam bakar yang menurut saya paling Enak ( Sering makan disitu ) dengan mengandalkan tempat seluas 5x 5 m.Ayam bakar ini memulai usahanya di tempat itu pada awal usahanya di buka memang tidak langsung banyak pembeli dengan tekat dan semangat yanng kuat yang ada pada diri beliau, ternyata beliau gak salah pilih untuk usaha yang akan digelutinya.Selain semangat yang keras ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan usaha tersebut diantaranya tempat sangat strategis juga sangat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha, misalnya suatu usaha yang dibuka ditempat umum dan ramai tingkat keberhasilanya akan lebih di bandingkan ditempat yang sepi, mungkin itu salah satu pertimbangan beliau, sehingga beliau memilih tempat tersebut, selain lokasi yang strategis tapi juga ramai dilalui kendaraan bermotor dan pejalan kaki di daerah tersebut, sehingga memudahkan akses pengenalan makanan tersebut pada pelanggan.
C. Isi :
Usaha Ayam bakar ini dibantu oleh 1 karyawan laki. Ayam bakar ini buka dari jam 16.00 – 22.00 WIB. Dengan mengandalkan jualan ayam bakar saja mereka dapat mengantongi untuk rata – rata Rp.25.000.000 perbulanya, itu mungkin aja di dapat dengan omset penjualan 95 ayam per malam dengan harga Rp.9000 1 porsi ayam bakar maka penjualanya dalam satu malam saja mencapai Rp.800.000, belum lagi pendapatan penjualan dari berbagai minuman yang disediakan, padahal kalau dihitung – hitung modal yang diperlukan hanya Rp.500.000 untuk satu malam saja itu juga tidak tentu, karena kata mereka banyak yang di beli perbulan seperti: ayam, bumbu kacang ,kecap. Dengan demikian banyaknya untung yang di dapat iuntuk satu malam saja Rp.410.000, dan bila dikalikan 28 hari kerja maka untung dalam satu bulanya Rp11.480.000. Tapi itu belum laba bersihnya, karena masih dikurang sewa tanah yaitu 5.000.000 pertahunya. Jadi kalau dihitung – hitung laba bersih perbulanya adalah Rp.10.980.000, jadi kita bisa tebak berapa pendapatan iyan Oleh pertahunya tapi itu baru penjualan Ayam bakar aja belum di hitung penjualan beraneka ragam minuman yang di sediakan di tempat tersebut. Tapi belakangan ini Iyan katanya khwatir, ketika ditanyakan beliau menjawab tentang maraknya usaha yang sejenis dan berdekatan dengan tempat usaha beliau ,hal itu dapat dimaklumi dengan adanya usaha yang sejenis dan berdekatan,secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap omset penjualan beliau,disini dibutuhkan kemampuan yang lebih, supaya para pelanggan tidak pergi ketempat yang lain. Menurut saya ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Iyan supaya para pelanggan tidak lari, selain peningkatan mutu tapi juga harus diperhatikan kenyamanan para pelanggan, ini dapat dilakukan dengan cara penambahan luas tempat usaha dan pelayan,karena kalau tempatnya tidak di perluas dan pelayanya tidak ditambah maka pelanggan yang menunggu akan bosan menunggu dan ahirnya pergi ketempat lain, dan apabila sudah pergi ketempat lain maka omset penjualanya akan berkurang, tapi sebelum hal itu terjadi maka beliau harus mempertimbangkan beberapa aspek diatas. Jadi sekarang kita tahu ternyata jualan Ayam bakar juga dapat memberikan untung yang lebih besar dari yang kita harapkan, dan mungkin lebih besar untuk itu sebelum mengambil keputusan tidak ada salahnya kita mempertimbangkan usaha tersebut diatas, siapa tau kita dapat lebih berhasil dari Beliau.
Cara Pembuatan Ayam bakar kecap :

Untuk membuat ayam bakar kecap yang enak perlu bahan dan cara membuat yang tepat. Masakan ayam yang enak tentu menjadi keinginan konsumen.
Bahan:
* 1 ekor ayam
* Mentega untuk memoles
* Kecap manis secukupnya
* 1 potong lengkuas, dimemarkan
* 1 batang serai, dimemarkan
* 3 lembar daun salam
* 5 buah cabai merah, dihaluskan
Bumbu:
* 2 siung bawang putih
* 4 butir bawang merah
* 5 butir kemiri
* 1 potong (1 cm) kunyit
* garam secukupnya
Cara Membuat:
* Ayam dibersihkan dan potong menjadi 4 bagian.
* Semua bumbu dijadikan satu lalu dihaluskan, ini agar semua bumbu menyatu dalam ayam bakar kecap nantinya..
* Dengan air secukupnya, rebus ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas, daun salam dan serai sampai matang dan bumbu merata dan meresap. resapan bumbu akan menambah taste ayam bakar.
* Lalu bakar ayam dengan bara api sedang sambil dilumuri cabai merah yang sudah dihaluskan, lalu olesi dengan mentega dan kecap manis. Bakar ayam sampai warnanya kecoklatan. Kemudian ayam bakar siap disajikan oleh konsumen saya.
Iklan

Dokumentasi Ayam Bakar

Berikut ini Adalah Foto – Foto Saya pada saat wawancara dengan nara sumber :

object>

Pasangan Artis Muda

kisah cinta pasangan beda usia yang terpaut cukup jauh ini dikabarkan telah kandas. gosip miring ini mulai kencang berhembus karena ketidakhadiran Yuni saat Raffi terbaring di rumah sakit. presenter acara Dahsyat ini tidak bisa melakoni aktivitasnya karena tengah terbaring di rumah sakit, tepatnya sedang menjalani perawatan di rumah sakit MMC kamar 28.
kenapa putus ya? beredar gosip kalo Yuni kini tengah dekat dengan
seorang pengusaha kaya . maka sakitnya raffi lantas dihubungkan dengan sakit hati karena diduakan oleh Yuni. hal ini membuat kesan jika Raffi hanya sebagai pelampiasan Yuni. bener ga ya?
Yuni yang dikonfirmasi mengenai pengusaha Kaya yang kini dikabarkan tengah dekat dengannya hanya menjawab singkat dengan logat jawa dan
kemudian berlalu. “ngawur ae…engga’…ngga’ ada. bohong” ucapnya.
keterangan lebih lanjut di dapat dari Baim Wong yang didaulat menjadi presenter pengganti selama Raffi tak bisa hadir. Baim yang juga selalu menghindar akhirnya bicara juga. ditanya mengenai kabar Raffi dan yuni Putus, Baim tidak memberikan jawaban yang jelas. ditanya mengenai sakit yang dialami raffi, Baim belum sempet besuk jadi belum tahu sakit apa. namun di akhir wawancara ia malah menjawab kalo raffi sakit hati.
kita tunggu aja konfirmasi dari Raffi dan Yuni

Musik Indonesia

Armada Rilis Album ‘Hal Terbesar’

Sukses dengan album perdana tahun 2008 lalu, Armada kembali menghentak blantika musik Indonesia lewat album kedua tahun 2009. Tiga tahun menceburkan diri di blantika musik Indonesia dengan berbagai pengalaman pahit yang pernah dialami, membuat Andith (DRUM), Rizal (VOCAL), Endra’ (BASS), Mai (GUITAR) dan Radha (GUITAR) semakin matang baik secara mental dan secara musikal.

Kematangan tersebut begitu terasa pada lagu – lagu yang dihadirkan pada album yang berjudul ‘Hal Terbesar’. Album ini di rilis di bawah naungan E-Motion Entertainment. Berbeda dengan album “Balas Dendam” yang dipenuhi dengan nuansa kemarahan sehingga terasa lebih ngerock.

Di album terbaru mereka ARMADA Hadir lebih ngepop dengan mengandalkan harmonisasi sehingga terasa lebih matang.Untuk memastikannya silahkan di chek pada single terbaru mereka yang berjudul “Buka Hatimu”.

Lagu “Buka Hatimu” mengisahkan tentang kelelahan seorang pria yang berusaha merebut hati wanita pujaannya.tapi sayang yang terjadi adalah sang wanita tidak pernah mengagap sang pria itu ada.kepedihan kisah tersebut di balut dengan aransement yang begitu terasa lirih di tambah dengan karakter vokal Rizal yang Melancholic,benar – benar menyayat hati. [www.musikji.net]

Setelah mengalami dua kali ketidak beruntungan, ARMADA yang sempat tesangkut perkara pengadilan dengan label Pertama mereka,dan rilisan Album “Balas Dendam” yang tidak lancar di karenakan menjadi rebutan beberapa label. Kini bersama dengan E-Motion Entertainment, Andith (DRUM), Rizal (VOCAL), Endra’ (BASS), Mai (GUITAR) dan Radha (GUITAR),bersiap menyambut kesuksesan di blantika musik Indonesia dan turut memeriahkan Blantika Musik Indonesia yang begitu gegap gempita.

Narkoba

Pesinetron Vicky Nitinegoro Masih Diperiksa Polsek

Kebon Jeruk

Seorang pemain sinetron Vicky Nitinegoro Senin malam (12/10) ditangkap petugas Polsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat karena terkait Narkoba.

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Hendra Gunawan kepada wartawan Rabu pagi menjelaskan, Vicky ditangkap petugas di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan dalam suatu penggrebekan yang dilakukan puluhan petugas satuan Narkoba.

Dalam penangkapan tersebut memang dari Vicky tak ditemukan barang bukti. Tetapi yang berangkutan ada di lokasi. “Vicky kita kenakan pasal mengetahui orang lain memiliki Narkoba tetapi tidak melapor kepada yang berwajib,”jelas Kapolsek sambil mengatakan untuk sementara Vicki mantan suami Cintia Ramelan ini masih dijadikan saksi. Namun tidak tertutup kemungkinan bisa berubah jadi tersangka. Tergantung hasil pemeriksaan.

Hingga Rabu (14/10) dinihari yang bersangkutan masih berada di Polsek Kebon Jeruk.Dengan demikian Vicky Nitinegoro sudah lebih dari 24 jam di kantor polisi.

Kapolsek belum bisa merinci tentang penangkapan tersebut berapa barang buktinya dan berapa orang yang tertangkap, tapi ia menyebutkan jenis Narkoba yang diamankan psikotropika golongan II.  “Kami masih mengembangkan kasus ini dan setelah jelas kami akan berikan keterangan kepada wartawan,”jelasnya

Perceraian

Okie Agustina, istri Pasha akhirnya buka mulut soal gugatan cerai. Namun Okie tak mau mengklarifikasinya sendiri, ia akan bicara bareng sang suami.

“Iya itu benar saya yang mengajukan. Udah ya saya mau ngaji dulu. Nanti saatnya saya pasti ngomong,” ujar Okie ditemui di kediamannya, Komplek Perumahan Taman Mediterania Bukit Cimanggu City, Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/11/2008).

Okie yang mengenakan pakaian muslim putih itu tak mau bicara panjang lebar. Ia memilih didampingi Pasha untuk mengungkap masalah perceraiannya ke media.

Okie pun menepis semua pertanyaan pewarta yang mengejarnya. Dengan santai ia langsung menuju mobil Suzuki SX4 Silver bernomor polisi F1202 BW.

“Nanti ngomong, nunggu jadwal manggung Pasha,” jelas Okie sebelum berlaluPerceraian  Okie Dan Pasha ‘Ungu’

PerseLingkuhan

Anang-Krisdayanti Cerai

Rasa sakit hati Anang Hermansyah sudah tak terbendung terhadap Krisdayanti. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini akhirnya menceraikan sang istri secara Islam, empat hari sebelum puasa. Menurut lelaki berusia 40 tahun ini, semua sudah selesai. Termasuk pembagian harta gono-gini dan hak asuh anak.

Diva yang akrab disapa KD itu disebut-sebut berani bermain api di belakang suaminya. Malahan, KD memperkenalkan pria idaman lain itu pada anak-anaknya. “Mimi ajak om itu ke kamar. Kita lagi pada berenang,” ujar Titania Aurelie Nurhermansyah, putri Anang-KD dalam tayangan Kasak Kusuk SCTV, Senin (31/8).

Siapakah pria yang mengalihkan perhatian pelantun I’m Sorry Good Bye ini? Masih menurut anak-anak KD, pria itu adalah pengusaha kaya asal Timor Leste. Adik Yuni Shara itu kerap memanggil si om dengan sebutan Amor alias cinta. “Mimi udah bohong sama pipi,” lanjut Aurelie. Kesaksian dua anak KD ini makin membuktikan kalau rekan Titi DJ dan Ruth Sahanaya ini berselingkuh.

Sudah sebulan terakhir, Anang dan kedua anaknya tinggal di studio rekaman KD Production. Sementara Yanti tinggal di rumah. Dari perbincangan eksklusif dengan Kasak Kusuk SCTV, terlihat raut penyesalan dan kecewa di wajah Anang. Ayah Azriel Akbar Hermansyah ini coba menutupinya dengan ungkapan bijak. “Hingga kini, saya dan anak-anak coba untuk tegar,” ujar Anang.

Mungkin, wanita yang sudah bermain dalam sejumlah film itu tak terlalu peduli dengan perasaan keluarganya. Ia kini berada di Timor Leste untuk manggung, walau itu dianggap kamuflase oleh dua anaknya. Satu yang pasti, jika dibiarkan hal itu akan menjadi bumerang yang menghancurkan kehidupan KD. “Aku marah sama mimi dan teman-temannya yang jelekin pipi,” ujar Azriel polos.

Pada April 2003, Krisdayanti digosipkan memiliki hubungan dengan gitaris Tohpati. Kabar bahwa anak pertama Krisdayanti, Titania Aurelia Nurhermansyah, merupakan anak dari hasil hubungannya dengan Ari Sigit muncul pada Agustus 2005. Pada Mei 2007, Krisdayanti ditemukan makan siang dengan seorang pengusaha di Jalan Orchard, Singapura. Ia juga digosipkan berselingkuh dengan Dicky Wahyudi. Benarkah Krisdayanti memilih selingkuhan ketimbang keluarga

KDRT

Kasus penganiayan  Manohara

Kasus kekerasan yang menimpa Manohara Odelia Pinot menyeret sejumlah kerabat Kesultanan Kelantan, Malaysia. Raja Kelantan Sultan Ismail Petra itu dilaporkan Manohara ke Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI, lantaran dianggap terlibat dalam kekerasan.

Menurut kuasa hukum Manohara, Hotman Paris Hutapea, ada delapan tertuduh pada laporan itu. Mereka adalah Muhammad Tengku Fahri sebagai suami Manohara, Kapte Zakaria Saleh (pilot yang dianggap menculik Manohara), Raja Kelantan Sultan Ismail Petra, Permaisuri Kelantan Tengku Anis, Ikhsan, Muhammad Soberi Safii dan istrinya Matara binti Afgani, serta Azhari.

“Nama yang terakhir bodyguard yang memukul Mano saat di pesawat,” kata Hotman setelah membuat laporan polisi, Selasa (8/6). Sebanyak 11 pasal yang dituduhkan dalam laporan itu. “Total ancamannya 70 tahun, karena semua kena Pasal 285 KUHP tentang pemerkosaan, Pasal 333 mengenai perampasan kemerdekaan orang dan pasal lainnya.”

Surat pengantar penyidik untuk visum, kata dia, sudah dikeluarkan. Karenanya setelah membuat laporan, Manohara bersama tim pengacara dan penyidik akan melakukan visum di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. “Bukti utama adalah tubuhnya untuk divisum,” ujarnya.

Hotman menambahkan, apabila Polri akan memproses laporan Manohara, kuasa hukum akan meminta bantuan Polisi Diraja Malaysia melalui interpol. “Di Indonesia bisa diproses, tapi di luar negeri kami masih bertanya-tanya,” kata dia.

Manohara diperiksa dengan 12 pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaan itu seputar kronologis kejadian, mulai dari awal penculikan. “Saya harap mereka segera jadi tersangka,” kata Manohara.

Pertunangan

Nia Ramadhani-Ardie Bakrie Nikah Dekat Ulang Tahun

Sama-sama berulang tahun pada bulan April, pesinetron Nia Ramadhani dan pengusaha Ardie Bakrie menjadikan bulan tersebut sebagai bulan pernikahan mereka pada 2010.

Pada Sabtu (17/10), Nia telah dilamar oleh Ardie untuk menjadi calon istrinya. “Ya, berjalan seperti yang diharapkan. Keluarga saya datang sopan-sopan menemui keluarga Nia dan, alhamdulillah, diizinkan, diberi restu,” cerita Ardie, yang melamar Nia di Jalan Benda, Ciganjur, Jakarta Selatan. “Insya Allah ini yang terbaik buat saya,” sambungnya.

Dengan direstuinya pertunangan mereka, Ardie dan Nia menaruh harapan. “Alhamdulillah, saya bahagia dan semoga jadi keluarga yang baik, insya Allah,” tutur Ardie. “Insya Allah ini yang terbaik buat saya,” ujar Nia.

Ardie juga mengungkapkan bahwa ia dan Nia akan  menikah pada April 2010. “Insya Allah bulan April tahun depan. Karena saya ulang tahun bulan April, dia ulang tahun bulan April juga,” jelasnya.

Namun, sayangnya Ardie enggan memberi tanggal pasti pernikahannya dengan Nia akan dilangsungkan. “Nanti saya kasih tahu teman-teman,” tutup Ardie.

FiLm Luar Negeri

  Sebagai seorang petugas bagian peminjaman di sebuah bank, Christine (Alison Lohman) jelas tak punya banyak pilihan saat seorang wanita tua bernama Mrs. Ganush (Lorna Raver) datang meminta perpanjangan pinjaman. Christine harus segera membuat keputusan meski ia tak tahu konsekuensi dari keputusannya itu.

Bermaksud ingin menyenangkan Mr. Jacks (David Paymer), atasannya, Christine pun lantas menolak permintaan Mrs. Ganush dan memutuskan wanita tua ini harus segera keluar dari rumah yang ditinggalinya saat ini. Christine sebenarnya tak tega tapi ia harus segera membuat keputusan. Sialnya, keputusan yang ia buat justru tak menguntungkan buat dirinya sendiri.

Mrs. Ganush yang merasa putus asa kemudian mengutuk Christine menjadi penghuni neraka selamanya. Christine tak terlalu mengkhawatirkan kutukan wanita tua itu, setidaknya sampai ia mulai dihantui makhluk-makhluk menakutkan yang ternyata memang bermaksud menyeret Christine masuk ke dalam neraka abadi.

Jarang ada sebuah film horor yang mampu memikat para kritikus film yang biasanya sangat cerewet soal akting, logika dan lain sebagainya. Anehnya DRAG ME TO HELL ini justru mendapat banyak pujian saat diputar dalam acara Cannes Film Festival. Metacritic juga memberikan nilai 83 pada film ini sementara para user memberikan nilai 7,2 dari 10 poin. Sebuah pencapaian yang jarang terjadi pada film horor.

Buat para penggemar film horor, DRAG ME TO HELL (judul yang sangat sederhana dan mewakili cerita film ini) ini jelas disambut dengan tangan terbuka. Di awal karirnya, sutradara Sam Raimi memang terkenal sebagai sutradara film horor. Kalau Anda masih ingat dua film klasik THE EVIL DEAD dan ARMY OF DARKNESS, dua film itu adalah hasil karya Sam Raimi. Setelah itu Raimi mulai beralih ke genre mainstream dan sukses menggarap tetralogi SPIDER-MAN.

Seperti juga pada ARMY OF DARKNESS dan THE EVIL DEAD Raimi masih tetap menggunakan formula legenda sihir, gore, kejutan dan tentu saja humor yang diramu dengan pas untuk menghadirkan sebuah tontonan yang benar-benar menghibur. Memang kalau dibandingkan dengan dua film tersebut DRAG ME TO HELL terasa lebih mild meski masih cukup ‘menakutkan’.

Berharap mendapat suguhan cerita yang rumit atau akting yang memukau seperti pada film-film drama adalah hal yang mustahil. Film ini tidak dibuat untuk itu. Akting para pemeran film ini sebenarnya tak terlalu buruk selama Anda tak membandingkannya dengan film yang lebih berat seperti THE OTHERS misalnya. (kpl/roc)

« Older entries